pita deadline

pita deadline

Senin, 29 April 2013

Pidato Sambutan Ketua PP PERKI pada Pembukaan The 22nd ASMIHA

Assalamualaikum wr. wb.
Pertama-tama dan yang utama mari kita panjatkan puji syukur pada Allah SWT karena atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada forum ASMIHA dalam keadaan sehat wal’afiat.
The 22nd Annual Scientific Meeting of The Indonesian Heart Association ini merupakan suatu pertemuan ilmiah yang rutin diselenggarakan oleh PP PERKI setiap tahun. Sehingga diharapkan dapat menjadi icon academic kardiovaskular di tingkat nasional maupun internasional.

Teman sejawat yang saya hormati.
Ajang pertemuan ASMIHA ini sangat penting karena adanya joint session dengan kardiolog-kardiolog di ASEAN melalui Asean Federation of Cardiology, Asia Pacific diantaranya dengan Taiwan Society of Cardiology, China Society of Cardiology, serta joint session dengan European Heart Association dan American College of Cardiology. ESC dan ACC sangat mengapresiasi hasil dari pertemuan ilmiah ini sehingga pada kesempatan berikutnya memberi peluang bagi PERKI untuk turut serta dalam forum ilmiah di ESC dan ACC. Kesempatan ini haruslah dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh anggota PERKI, termasuk para kardiolog muda agar suatu saat bisa berkiprah sebagai peneliti dan pembicara pada level Internasional.
ASMIHA merupakan suatu sarana untuk mengekspresikan hasil riset baik klinis maupun non klinis para kardiolog di seluruh Indonesia. Selain itu ASMIHA juga menjadi media transfer of knowledge dari kardiolog di pusat-pusat  pendidikan Kardiovaskular kepada dokter yang berada di pelayanan kedokteran Primer maupun pelayanan Sekunder terutama dengan akan diberlakukannya Sistem Jaminan Kesehatan Nasional pada awal tahun 2014.

Teman sejawat yang saya hormati.
Saat ini anggota Perki di seluruh Indonesia berjumlah 550 orang dan mempunyai 12 Pusat Pendidikan Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di seluruh Indonesia dengan jumlah PPDS nya 350 orang, maka diperkirakan pada tahun 2020 jumlah anggota PERKI menjadi 2.000 orang di seluruh Indonesia.
ASMIHA adalah forum ilmiah utama yang dilaksanakan setiap tahun oleh PERKI. Saat ini PERKI memiliki 11 Pokja (kelompok kerja = Working Group) yang akan membentuk forum-forum ilmiah yang lebih kecil, lebih fokus, tetapi dengan kualitas terbaik, dan diberi nama sesuai Pokja-nya, contohnya INA-Echo, INA Vaskular, INA Heart Failure, INA Hipertensi, dan lain-lain yang diharapkan akan lebih memajukan Ilmu Kardiovaskular dimasa datang, sebagaimana dilaksanakan oleh organisasi kardiologi Uni Eropa yang menjadi  Referensi  PERKI.
Dan insya Allah mulai tahun depan pada forum ASMIHA akan dipresentasikan Indonesian Guideline mengenai kardiovaskular yang akan diserahkan kepada  Kementerian Kesehatan untuk menjadi rujukan Guidelines Kardiovaskular di Indonesia.
Para Peserta ASMIHA yang saya hormati, disamping presentasi ilmiah pada ASMIHA ini terdapat satu materi khusus yakni mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang akan diberlakukan tahun 2014. Kami berharap rekan-rekan sekalian termasuk teman-teman dokter umum dapat dengan seksama mengikuti materi tersebut, oleh karena nantinya diharapkan rekan-rekan dokter di Pelayanan Kedokteran Primer akan berjenjang mengirimkan pasien jantung dan pembuluh darah ke Pelayanan Kedokteran Sekunder / RS tipe C / RS Tipe B dan selanjutnya ke RS Tingkat Tersier.
Demikian sambutan dari saya, semoga forum ASMIHA ini menjadi forum yang dapat mempererat persaudaraan, kerja sama serta memberikan ilmu yang bermanfaat bagi rekan-rekan yang hadir dan nantinya dapat menjadi bekal untuk memberikan sumbangsih pada bangsa ini.
Wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar