pita deadline

pita deadline

Rabu, 28 Desember 2011

Noninvasive Fractional Flow Reserve Non Invasif dapat Mengubah Angiografi Secara Drastis

Hasil dari penelitian Diagnosis of Ischemia-Causing Stenoses Obtained via Noninvasive Fractional Flow Reserve (DISCOVER FLOW) menunjukkan bahwa stenosis koroner yang menyebabkan iskemia dapat diidentifikasi secara noninvasive dengan analisis coronary computed angiograms (CCTAs).
Peneliti senior DISCOVER FLOW dari pusat Kesehatan Cedars-Sinai, Los Angeles dr. James Min mengatakan metode ini berpotensi untuk mengubah tatalaksana pasien, karena untuk pertama kalinya kita memiliki kemampuan untuk melihat stenosis koroner dan iskemia secara bersamaan, dan memiliki kemampuan untuk menentukan lesi yang menyebabkan iskemia. Min juga mengungkapkan kesulitan jika terjadi sebuah skenario dimana seseorang memiliki tes stres yang abnormal dan kemudian dilakukan angiografi dan melihat empat atau lima stenosis, tetapi tidak benar-benar tahu mana yang menyebabkan iskemia. Tapi proses ”fractional flow reserve virtual” yang baru ini atau FFRCT-dapat mengukur aliran cadangan fraksional untuk lesi masing-masing dengan data yang diambil dari CCTA, sehingga mengungkapkan stenosis yang menyebabkan iskemia dan harus diintervensi, serta yang stenosis lakukan tidak perlu diobati.Sebelumnya belum ada metode one-stop shop untuk menentukan lesi yang menyebabkan iskemia secara noninvasif.
Seperti dilansir heartwire di EuroPCR 2011, di DISCOVER FLOW, Dr KooBon-Kwon (Seoul National University Hospital, Korea) dan rekan-rekan perhitungan digunakan untuk menilai FFRCT159 pembuluh darah pada 103 pasien yang menjalani CCTA. Hasil studi ini diterbitkan dalam edisi 1 November, 2011 dari Journal of American College of Cardiology.
Semua pasien juga menjalani CCTA invasif dan kateterisasi pencitraan FFR invasif. Iskemia didefinisikan sebagai FFR dari < 0,80 dan anatomis penyakit koroner obstruktif didefinisikan sebagai stenosis > 50% yang diukur pada scan CCTA. Kinerja diagnostik FFRCT dan CCTA dinilai terhadap FFR invasif sebagai standar referensi. Dari pasien dalam penelitian ini, 56% memiliki setidaknya satu pembuluh darah dengan FFR < 0,80.
Karena hanya sekitar setengah dari stenosis lebih dari 50% yang benar-benar menyebabkan iskemia, spesifisitas penilaian tradisional dari stenosis oleh CCTA di bawah 50%. Keprihatinan yang ada adalah bahwa diidentifikasinya beberapa stenosis bermakna dikonfirmasi dengan angiografi, tetapi lesi tidak benar-benar menyebabkan iskemia. Fractional Flow Reserve mengukur berapa banyak dari aliran darah diblokir oleh lesi, sehingga sekitar 25% lebih akurat daripada CCTA tradisional dalam memilih lesi yang menyebabkan iskemia, Min menjelaskan.
FFRCT dapat menilai stenosis dari CCTA scan-prospektif gated atau retrospektif gated-tanpa teknik pencitraan tambahan atau perubahan pada parameter akuisisi. Sama seperti komputasi dinamika fluida yang dapat memprediksi perilaku sayap pesawat terbang di bawah parameter lingkungan yang berbeda, FFRCT dapat mengukur aliran darah melalui arteri koroner didasarkan pada geometri spesifik coroner dan miokardium pasien.
Dalam tajuk rencana bersama, Dr Stephan Achenbach (Universitas Giessen, Jerman) menyebutkan DISCOVER FLOW sebagai langkah pertama yang mengesankan yang perlu diikuti dan hasil pemeriksaan terinci dari metode ini akan diterjemahkan untuk manfaat klinis bila diterapkan pada skala yang lebih luas skala dengan kelompok pasien yang paling mungkin mendapatkan manfaat dari analisa tambahan ini. Beliau menyimpulkan sangat memungkinkan mendapatkan informasi fungsional yang sangat rinci dari sepenuhnya set data anatomi dan kemudian dipertemukan dengan fungsinya. Beliau menambahkan konsep ini membutuhkan dan sepantasnya mendapatkan penelitian lebih lanjut dengan lingkup yang lebih luas dan kemungkinan besar tidak hanya terbatas pada daerah CCTA.









Membuktikan FFRCT pada pasien
Pada pertemuan American Heart Association di Orlando di bulan yang akan dating, dr Min akan mempresentasikan hasil dari substudy DISCOVER FLOW khususnya pada stenosis intermediate (40-69%), dimana merupakan pilihan terapi yang paling sulit. Dr. Min menyatakan jika dokter melihat stenosis 90% atau !0%, maka sebagian besar akan merasa nyaman untuk menentukan pilihan tindakan, tetapi jika stenosis terletak antara 40-70%, maka ada kemungkinan lesi itu menyebabkan iskemik, tetapi kita tidak akan pernah tahu pasti sampai kita benar-benar memeriksanya.
DISCOVER FLOW didesain untuk mengevaluasi akurasi dari FFRCT pada level per-pembuluh darah, tetapi demonstrasi yang paling mungkin akan nilainya adalah kemampuannya dalam membantu penentuan terapi untuk tiap pasien. Penelitian DEFACTO, yang telah menyelesaikan pengambilan sampelnya pada 17 pusat penelitian sekitar sebulan yang lalu, mengevaluasi FFRCT per pasien. Dikatakan oleh Min penelitian ini merupakan penelitian yang sangat penting. Secara spesifik 285 pasien studi DEFACTO mencari kemampuan CCTA ditambah FFRCT untuk menentukan ada atau tidaknya nya setidaknya satu stenosis arteri coroner yang signifikan pada tiap subjek studi. Kateterisasi invasive FFR adalah standar referensi. Min mengharapkan studi ini dapat diselesaikan dalam kuartal pertama 2012.

(Edrian dikutip dari: theheart.org/article/1299631.do)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar