pita deadline

pita deadline

Jumat, 13 Januari 2017

“Nyeri Dada dari A Sampai Z” Panduan untuk Dokter dan Umum

Peluncuran buku karya, Prof. Sutomo


Prof. Dr. Sutomo Kasiman meluncurkan buku tentang kardiovaskular. Buku ini diharapkan tidak saja untuk kalangan profesi tetapi juga untuk kalangan umum.
Tanggal 30 April merupakan hari istimewa bagi Prof. Dr. Sutomo Kasiman SpPD, SpJP(K). Betapa tidak, saat itu merupakan hari kelahiran pria berumur genap 70 tahun ini sekaligus menjadi acara peluncuran buku karyanya yamg berjudul “Nyeri Dada dari A Sampai Z”. Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S. MSi. diwakili Sekda Kota Medan Ir. H. Syaiful Bahri menyempatkan diri mengikuti acara peluncuran buku tersebut di Function Room Hotel JW Marriot Medan, pada Sabtu (30/4).
Selain itu, tampak hadir Ketua Kolegium Ilmu Penyakit Jantung Indonesia Dr. Sunarya Suryanata SpJP(K), Ketua Perki Pusat DR. Dr. Anwar Santoso SpJP(K), Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu SH. MHum., GM Rumah Sakit Columbia Asia Renhard Lumban Tobing.
“Buku ini sebenarnya sudah sejak lama diniatkan untuk diterbitkan saat saya akan memasuki usia pensiun lebih kurang 5 tahun yang lalu. Namun karena kesibukan sehari-hari baik di departemen kardiologi maupun tugas tambahan sebagai Ketua Senat Universitas Sumatera Utara, maka menjadi tertunda penerbitannya,” kata Prof. Sutomo kepada InaHeartnews.
Dampaknya, lanjut Prof. Sutomo, dengan berjalannya waktu sebagian besar panduan yang sudah pernah ada menjadi usang, tidak update lagi. “Jadi materi panduan itu membutuhkan penyesuaian lagi dengan datangnya berbagai guidelines yang berhubungan dengan masalah penyakit jantung koroner,” katanya.
Selain itu, Prof. Sutomo juga menginginkan sebuah buku yang lumayan lengkap dengan pembaca yang tidak hanya dari kalangan profesi kedokteran tetapi juga dapat melayani masyarakat umum.
Pada buku ini dibahas segala aspek nyeri dada yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner dari A sampai Z. Pembahasan yang diberikan dimulai sejak awal, dari mengenali penyakit jantung, membuat diagnosa, melakukan tatalaksana pengobatan medis serta intervensi dan rehabilitasi. “Jadi dalam buku ini diuraikan berbagai kondisi seseorang yang mengalami nyeri dada dengan membedakan nyeri dada yang disebabkan oleh penyakit lain dan penyakit khusus jantung,” kata Prof. Sutomo.
Selain itu judulnya memang dibuat sederhana untuk mendapatkan perhatian masyarakat yang selalu mencari tahu sakit apa sebenarnya yang dialaminya ketika merasakan nyeri dada. “Memang banyak yang mengalami nyeri dada, namun banyak pula yang tidak tahu penyebab nyeri dada tersebut timbul,” ujar Walikota Medan, Dzulmi menanggapi terbitnya buku ini.
Dalam sambutannya, Walikota Medan berharap buku ini dapat membuat masyarakat semakin cerdas dalam memahami penyakit yang ada, khususnya nyeri dada dan bagaimana penanganan awalnya. “Semoga buku ini nantinya juga dapat menjadi referensi kepada para mahasiswa di bidang kesehatan untuk menunjang akademisnya,” katanya lagi.
Prof. Sutomo memang berharap, informasi yang disampaikan dalam buku tersebut dapat menjadi panduan dalam menata laksana dan melakukan intervensi terhadap penderita yang mengalami nyeri dada. “Kondisi ini kemudian lebih menjurus pada sindroma koroner akut yang akhirnya mengerucut menjadi diagnose akhir IMA-elevasi ST, IMA non elevasi ST dan angina pectoris tidak stabil serta bagaimana menanganinya,” katanya.
Prof. Sutomo mengaku dorongan untuk membuat buku ini mengingat banyaknya kasus yang dihadapi para kardiologist juga praktisi yang lain yang selalu muncul dengan berbagai kondisi sekaligus masalah yang dihadapi. “Tentunya juga para peserta PPDS Kardiologi dan juga mahasiswa S1 Kedokteran yang turut belajar dan melayani pasien,” katanya.
Ia berharap dengan terbitnya buku ini para peserta didik selain mendapat informasi yang sangat luas dari berbagai media yang mudah diakses, “Mereka lebih mudah memperoleh jawaban dari masalah yang sedang dihadapinya dalam menangani nyeri dada kardiak,” kata Prof. Sutomo.
Tak ketinggalan, masyarakat juga diharapkan dapat mengikuti perkembangan pengetahuan di bidang ini. “Jadi ketika seseorang mengalami gejala yang mirip dengan penjelasan di buku, ia dapat segera menyampaikan pada dokternya sehingga mereka dapat cepat mengambil tindakan yang tepat,” katanya lagi.
Selain buku “Nyeri Dada dari A Sampai Z”, Prof. Sutomo juga telah menerbitkan dua buku lainnya, yakni Kehamilan pada Penyakit Jantung Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid 1 (Sutomo Kasiman, Y. Wijaya dan AASt. Bagindo, Edisi Pertama, PB. PAPDI UI Press, April 1992) serta Fisik Diagnostik (Sutomo Kasiman, & T. Renardi Haroen, USU Press).
Saya berharap buku karya saya yang walaupun sedikit jumlahnya dapat disumbangkan buat khasanah pengetahuan. Hanya itu yang dapat saya usahakan,” kata Prof. Sutomo.
Pada kesempatan tersebut, Prof. Sutomo juga mengucapkan terima kasih kepada para sejawat yang memberikan kontribusi dan yang telah meluangkan waktunya dan memberikan banyak masukan dan sumber dalam penyusunan tersebut sehingga buku ini dapat terbit. 
[Tim InaHeartnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar